Senin, 13 Februari 2012

Si Zebra menghadapi musim hujan


Ketika musim hujan telah tiba dan
banjir mengintai, tentu saja pemilik
Daihatsu Zebra perlu
mengantisipasinya. Zebra 1.0 sejatinya lebih tahan banjir
karena posisi delco/distributor ada di
atas, sejajar lantai kabin belakang.
Jadi selama karet (O-ring tutup delco)
masih baik, lubang ventilasi tutup
delco terpasang slang karet dan penahan lumpur roda kiri depan
terpasang, lalu kabel busi juga masih
baik tidak ada kebocoran, aman
melintasi genangan air hingga setinggi
velg.
Namun harus dijaga putaran mesin harus tetap rada tinggi, kalau langsam
kipas radiator bakal tertahan air dan
mesin bakal mati. Posisi ujung saluran
isap ke saringan udara juga lebih
aman, karena dilengkapi tabung semi
tertutup dan ditempatkan di balik dinding bawah jok supir, jadi air tidak
gampang terhisap. Beda dengan
Zebra 1.3 yang model terbuka di
bawah jok sopir, rawan masuk air. Biasanya kalau si Zebra mogok
karena banjir/genangan air,
permasalahannya berada pada delco
yang terpercik air, buka dan
keringkan bagian ini apabila mesin
mati.
Untuk zebra 1.3, posisi delco berada
di samping sejajar dengan mesin yang
rawan terkena air dan menyebabkan
mesin mati (mogok). Pastikan
juga karet (O-ring tutup delco) masih
baik, lubang ventilasi tutup delco terpasang slang karet dan penahan
lumpur roda depan terpasang
(terutama perhatikan di sebelah kiri) ,
lalu kabel busi juga masih baik tidak
ada kebocoran, kalau perlu bungkus
delco dengan plastik. Pemakaian pengapian CDI lebih menjamin dari
pada platina. Jangan memaksa
melewati genangan air lebih dari
setengah roda atau sejajar dengan
knalpot.
Sumber:daihatsuzebra.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar