Rabu, 19 Januari 2011

Mobil sulit dihidupkan,bagaimana mengatasinya?

Sulit di-starter atau mesin tidak mau
hidup kerap menjadi masalah
tersendiri
bagi mobil pribadi seseorang,
apalagi bila ternyata si pemiliknya
sama sekali
tidak mengerti bagaimana merawat
mobil.
Jangan sampai Anda menjadi salah
satu diantara mereka yang buta
teknologi, sebab mati mesin tak
jarang terjadi
di saat Anda sama sekali tidak
mengharapkannya (misalnya
menjelang rapat
penting). Untuk itu, simak tips- tips
berikut ini.
Hal pertama yang perlu diketahui
adalah sistem kelistrikan mobil,
konvensional
ataukah mobil modern yang sudah
menggunakan CDI (dalam arti serba
elektronik). Bila mobil Anda
telah menggunakan sistem serba
elektronik, jangan berusaha untuk
membetulkannya secara
manual karena sistem ini
membutuhkan ahli mekanik yang
handal serta peralatan yang hanya
ada
di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya ada dua hal yang menjadi
penyebab mobil tidak bisa di-
starter,
pertama adalah karena aki yang
sudah dalam kondisi kurang bagus
sistem
kelistrikannya. Kedua adalah karena
supply listrik pada dinamo pada
sistem
pengapian konvensional. Platina
mungkin sudah tidak baik. Kalo
teknologi yang
lebih maju, mungkin karena CDI.
Kalou udah masalah CDI, perlu ke
bengkel
karena udah rumit dan sulit
ditangani sendiri.
Di permukaan atas dari aki ada
indikator yang menunjukkan kondisi
terakhir dari aki. Bisa nunjukkin
kondisi aki
bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalo udah diperiksa tapi mobil masih
tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa
jadi disebabkan karena platina dan
kondensor. Masalah biasanya pada
plat yang terdapat di platina. Kalo
tonjolannya sudah
kusam berarti berarti tidak bisa
menangkap percikan listrik. Supaya
platina bisa kembali berfungsi
dengan baik, gunakan amplas untuk
menghapus debu/flek yang
menempel. Bila sudah selesai,
pasang kembali pada posisi semula.
Platina yang telah dibersihkan
biasanya akan mampu
memancing percikan api sehingga
kembali besar, Bila tidak, berarti
platina sudah tidak bisa dipakai
dan harus diganti.
Langkah berikutnya adalah
melakukan pemeriksaan boks
sekring. Perhatikan apakah sekring
yang
telah terpasang masih utuh atau
tidak. Kalau kawat sambungannya
sudah putus, berarti sekring
sudah harus diganti. Untuk keadaan
darurat, Anda bisa memakai kawat
atau serabut kabel untuk
dipasang sementara pada sekring
tersebut. Hal ini tidak
direkomendasikan sebagai solusi
permanen, karena itu ganti
secepatnya dengan membawa mobil
ke bengkel.
Hal terakhir yang biasa menjadi
biang keladi mesin mobil tidak bisa
di- starter
adalah karena suplai bahan bakar/
udara yang kurang pada sistem
karburator
(dalam hal ini berarti saringan
karburator kotor). Periksa
saringannya, cabut
filter- nya dan bersihkan dengan
kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan
alat
pemanas seperti hair-dryer dan
sejenisnya, karena hal tersebut bisa
merusak
dinding saringan udara.
Bila semuanya sudah dilakukan dan
tidak ada perkembangan, tidak bisa
tidak,
bawalah mobil Anda ke bengkel
terdekat. Jangan-jangan, kerusakan
bukan hanya pada aki atau platina mobil anda.
Sumber:gudangmobil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar