Kamis, 07 April 2011

Tips Isuzu Panther


Mesin diesel dikenal sebagai mesin yang
kuat, handal, bebas perawatan, tapi juga
agak berisik. Isuzu Panther dikenal dengan
"Rajanya Diesel" dan terus berjaya di
kelasnya. Bisa dibilang Isuzu Panther
merupakan pesaing Toyota Kijang. Bahkan pemain kawakan semacam Toyota Kijang
pun belum bisa berbuat banyak bila
berhadapan langsung dengan Isuzu
Panther pada kelas diesel. Mesin Panther terkenal bandel dan
ekonomis. Suspensinya empuk dan
dianggap cocok untuk kondisi jalan di
Indonesia. Apalagi perubahan musim yang
tak menentu. Hujan lebat bisa tiba-tiba
menimbulkan banjir. Dibanding mesin bensin, mesin diesel terbukti lebih irit,
murah dan waterproof (tahan air). Selain
itu tren biodiesel baru-baru ini membuat
mesin diesel kembali naik daun. Sudah
banyak teknologi biodiesel yang
diterapkan energi alternatif dan anda berpeluang mencoba bahan bakar masa
depan itu dengan memiliki mobil bermesin
diesel seperti Panther. Dan satu lagi, Panther memiliki AC yang
sangat dingin sehingga membuatnya
nyaman dikendarai pada kondisi tropis.
Torsi yang sangat besar membuat AC
kapasitas besar bisa dipasang. Inilah yang
membuat AC Panther terkenal dingin. Sejak 1996, sudah menggunakan teknologi direct
injection membuatnya tak perlu pemanas
solar saat dihidupkan dalam kondisi dingin.
Masalah sparepart juga tak perlu
dikhawatirkan untuk jenis mobil ini karena
banyak tersedia dan juga murah. Isuzu Panther memiliki banyak macam
varian. Pada 2007, Panther mengeluarkan 7
varian, yaitu Smart, LV Adventure, LS,
Touring, dan Grand Touring. Peraturan
pemerintah tentang emisi gas buang yang
harus naik EURO 2 membuat semua varian Panther menggunakan turbo plus catalytic
converter. Berikut beberapa tips untuk
pembeli mobil Panther : 1. Filter : Perawatan utama mobil diesel adalah saringan udara. Gantilah semua
saringan yang ada begitu mobil di tangan
anda. 2. Spion : Dudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepas karena
konstruksinya kurang kuat. Karena sudah
menggunakan sistem elektrik, harganya
lumayan mahal. Jadi pastikan spion dalam
kondisi baik. 3. Transmisi : Jika transmisi matik masih berfungsi dengan baik, mintalah bukti
kepada penjual kalau ia rajin mengganti oli-
nya. Sebab jika tidak, biaya perbaikannya
cukup mahal. Tapi bisa juga dicermati saat
test drive. 4. Sokbreker Belakang : Tak seperti pendahulunya di mana sokbreker depan
sering rusak, pada Panther Kapsul justru
sokbreker belakang yang lemah. Untunglah
harganya tak terlalu menguras kantung
dan tersedia berbagai produk aftermarket. PLUS 1. Mesin kuat, bandel, dan ekonomis 2. Suspensi empuk 3. Irit BBM 4. AC sangat dingin 5. Sudah menggunakan teknologi direct
injection 6. Sparepart banyak tersedia dan murah 7. Banyak varian 8. Semua varian Panther menggunakan turbo
plus catalytic converter MINUS 1. Mesin agak berisik 2. Dudukan spion Panther Hi-Grade atau
Grand Touring sering lepas 3. Biaya perbaikan varian transmisi matik
mahal 4. Sokbreker belakang lemah
Sumber:garasi24.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar