Rabu, 06 April 2011

Tips membeli Opel Blazer second


Opel Blazer,SUV buatan amerika.yang sekarang menjadi Chevrolet Blazer.harga second berada dikisaran 55jt,tu dah dapat tahun 97 keatas.berikut ini tips2 buat yang pengen beli Opel Blazer second yang gue cari di google:
A. BODY : 1. Pastikan body dalam keadaan baik, yaitu
dengan mengetuk bagian dari body :
apakah sudah terdapat dempul pada
bagian tersebut. secara kasat mata, bisa
dilihat dari bayangan / pantulan body tsb
apakah bergelombang atau masih flat / rata. nampak juga apabila bodi yang telah
di sol dan menggunakan dempul untuk
meratakan, akan sedikit kelihatan gemuk
(memang dibutuhkan kejelian tersendiri). 2. Up pron pada bagian dalam kap mesin.
pastikan semua lipatan / tekukan dari
bidang penampang di kanan kiri bawah kap
mesin, adalah lipatan pabrik. akan nampak
apabila mobil tsb pernah tubrukan, bisa jadi
lipatan / tekukan hilang karena di dempul atau bergelombang / keriting karena di
ketok. 3. DOHC 1997 wajib ber lis body memanjang
dari depan hingga belakang dan lis chroom
pada ke empat spatbornya. jangan lupa
foot step yang asli adalah foot step yang
menyatu dengan mud flag (jawa : kepet
roda). foot step asli bukan ber merk dadone atau f1. B. DASHBOARD / KELISTRIKAN : pastikan seluruh panel hidup (akan lebih
sip) yaitu : power window, central lock,
fog lamp, lampu pendek, jauh, petunjuk
bensin, petunjuk tempratur, petunjuk
tekanan oli, petunjuk pengisian amper,
rpm, interior lamp, petunjuk suhu luar & arah mata angin dan YANG TERPENTING : ac
kudu adem. beserta switch tempratur ac :
apakah masih original menggunakan yang
di dashboard atau sudah dirobah pakai
switch di laen tempat (biasa di deket
blower depan) C. INTERIOR : dohc 1997 interior kulit pada jok dan door
trimnya. plafond dari bahan beludru halus.
pastikan karpet masih berwarna cerah
dengan serat besar (aslinya). hindari karpet
dengan warna eks kebanjiran maupun
yang terbuat bukan dari bahan aslinya. D. MESIN : 1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks).
Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama
setelah mesin nyala, jarum harus mendekati
500 kpa (maks). Semakin mentok semakin
bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini
beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin
nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru
turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi
tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5
menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke
250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa,
dan mulai saat ini jarum bergerak
berdasarkan RPM dgn batas minimum 250
kpa. 2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah. Yg dicari adalah
tegangan yg stabil di 14v lewat dikit
(jarum tegak lurus jam 12, miring dikit
kekanan tapi masih nempel di strip angka
14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll,
jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam. 3. Indikator temperatur, ada di KIRI atas. Blazer yg dicari adalah blazer yg jarum
indikator nya naik pelan2 dari 0 ke 102
derajat butuh waktu sekitar 10-15 menit.
Kemudian xtra fan nyala, sekitar 2-3 menit
jarum harus turun ke 80. Nyalakan AC,
dalam kondisi idle jarum harus stabil di 80 (jika AC nyala). (Asumsi system pendingin
masih original, belum di modif). No. 1-3 tsb
sangat penting... 4. Suara mesin saat fan mati, harus halus, sehalus mobil sedan 1500 CC. Jgn lupa
periksa kekentalan oli. Jangan2 mesin halus
karena pake oli gardan. 5. Tes jalan dan rasakan apakah ada body getar dari rpm 0 sampe rpm atas. Hindari
body yg selalu geter di rpm OR kmh
tertentu. 6. Pindah dan jongkok ke dekat ban belakang
kiri. Dengerkan suara fuel pump, hindari mobil yg suara fuel pump nya terdenger
seperti lebah. Karena itu ciri fuel pump mau
"lewat/Rusak/ bronjol/koil dan lain lain". 7. Tes jalan buat mengetest fungsi Rem ABS dan fungsi Active Safety Belt nya. Apakah
bekerja optimal atau nggak. 8. Selain yg 7 itu, test nya sama aja dgn mobil2 lain. Periksa AC, kaki2, setir, dll. E. KELEMAHAN Kelemahan blazer yg mencolok ada di fuel
pump. Kate dukunnya, 90% dari blazer yg
mogok di jalan disebabkan fuel pump. Terus
AC nya susah dingin, karena evaporator
ada diruang mesin. Katenye sih itu buat
safety. Tidak ada bagian dari sistem pendinginan yg letaknya dalam kabin
penumpang/dashboard .
Sumber:bic.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar